Penggunaan Cabri II Plus
Oleh : Halimah
Oleh : Halimah
Cabri II Plus adalah suatu software yang
sangat membantu dalam mempelajari konstruksi geometri. Dengan Cabri II Plus
kita dapat membuat berbagai bangun-bangun geometri dimensi 2, beserta hubungan
diantara bangun-bangun tersebut.
Pemanfaatan Cabri dalam pembelajaran
Geometri antara lain pada hal :
1. lukisan;
yakni sebagai pengganti jangka dan penggaris
2. Teorema;
yakni untuk menunjukkan kebenaran teorema /dalil secara visual
3. Tempat
kedudukan: yakni tempat kedudukan titik yang bergerak jika suatu garis atau titik tertentu
digerakkan.
4. Pembelajaran
dengan metode penemuan.
Berikut adalah beberapa contoh
penggunaan Cabri II Plus
1. Garis
singgung melalui satu titik pada lingkaran
a) Membuat
lingkaran dengan mengklik circle
b) Kemudian
titik pusat lingkaran diberikan nama/label A dengan mengklik label, lalu klik
titik pusat lingkaran tersebut.
e) Kemudian
klik intersection point, klik pada titik potong garis dan lingkaran,kemudian
berikan label P.
f) Buat
lingkaran kembali dari titik pusat P, kemudian buat titik potong kembali antara
lingkaran yang berpusat P dengan garis AB, berikan label k dan l.
g) Sembunyikan
lingkaran kecil yang titik pusatnya P dengan klik hide/show, kemudian klik
lingkarannya.
h) Buat
lingkaran kembali dari titik pusat k sepanjang jari-jari kl, kemudian buat
lingkaran kembali dari titk l jari-jari sepanjang lk.
i)
Kemudian klik intersection point pada
titik potong lingkaran k dan l¸ kemudian berikan label n dan m.
j) Sembunyikan dua lingkaran dengan titik
pusat k dan titik pusat l tersebut dengan klik hide/show, kemudian klik
lingkarannya.
k) Tarik
garis dari titik potong kedua lingkaran yaitu dari titik m ke titik n dengan mengklik
segment.
l) Maka garis singgungnya adalah garis mn
l) Maka garis singgungnya adalah garis mn
2. Garis
singgung melalui titik diluar lingkaran
f). Buat
titik potong dari kedua lingkaran tersebut dengan klik intersection point,
kemudian berikan label a dan b.
i). Maka
garis singgungnya adalah aT dan bT.
3. Garis
singgung persekutuan luar
a) Buat
dua lingkaran sembarang yang berjauhan, kemudian berikan label S dan U pada masing-masing
titik pusatnya.
e) Cari
jari-jari dengan pusat S dan pusat U dengan klik distance or length, kemudian
klik titik pusat dan klik lingkarannya
f) Hitung
selisih dari jari-jari lingkaran yang berpusat S dan C dengan klik calculate
kemudian kilk jari-jari S dikurangi Jari-jari U
g) Kemudian
buat lingkaran kembali dari titik pusat S dengan besar jari-jarinya sama dengan
jari-jari lingkaran S dan U. kemudian buat titik potong antara lingkaran
bertitik pusat C dan S dengan mengklik intersection, kemudian berikan label MN.
h) Lingkaran
dengan pusat C di sembunyikan dengan klik hide/show, dan jari-jarinya disembunyikan
dengan klik hide/show, kemudian tarik garis dari M ke v ke S ke w ke N dengan
klik segment.
i)
Buat lingkaran dari titik v dengan
jari-jari vU dan buat lingkaran dengan titik pusat w dengan jari-jari wU,
kemudian klik titik potong dari lingkaran yang titik pusatnya v dan U, titik pusatnya w dan U, dengan klik intersection, kemudian
berikan label O dan P.
j) Lingkaran dengan titik pusat v dan w disembunyikan
dengan klik hide/show. Kemudian tarik garis MO dan garis NP dengan mengklik
segment, kemudian tarik garis OUP
k) Maka
garis singgungnya adalah MO dan NP
4. Garis
singgung persekutuan dalam
a).
Buat dua lingkaran sembarang yang
berjauhan, kemudian berikan label H dan I pada titik pusat kedua lingkaran
tersebut.
b).
Tarik garis dari titik H ke I dengan
mengklik segment.kemudian cari titik tengah garis HI dengan klik midpoint, lalu
klik pada garis, berikan label J pada titik tersebut.
c).
Buat lingkaran dengan pusat J dengan
jari-jari sepanjang JH atau JI.
d).
Cari jari-jari yang bertitik pusat H dan
titik pusat I dengan klik distance or length, kemudian pada klik titik pusat
dan klik pada lingkarannya.
e).
Hitung jumlah jari-jari lingkaran yang
titik pusatnya H dan I dengan klik calculate, kemudian klik jari-jari H
ditambah jari-jari I
f).
Kemudian buat lingkaran kembali dari
titik pusat H dengan besar jari-jarinya sama dengan jumlah jari-jari lingkaran titik
pusatnya H dan I, kemudian buat titik potong antara lingkaran yang berjari-jari
H dengan lingkaran yang berjari-jari J, berikan label o dan p
g).
Tarik garis dari oH dan Hp dengan
mengklik segment, kemudian buat titik potong antara garis tersebut dengan
lingkaran yang bertitik pusat H, berikan label q dan r.
h).
Sembunyikan lingkaran yang titik
pusatnya J dan lingkaran kecil yang titik pusatnya H, serta sembunyikan panjang
jari-jarinya.
i).
Buat lingkaran dengan pusat q yang
berjari-jari sepanjang qI dan buat lingkaran dengan pusat r yang berjari-jari
sepanjang rI.
j).
Kemudian cari titik potong antara
lingkaran yang berpusat di I dan q, dan titik potong antara lingkaran yang
berpusat di I dan r, dengan klik intersection point, berikan label K dan L.
k).
Sembunyikan lingkaran yang titik
pusatnya q dan lingkaran yang titik pusatnya r, kemudian tarik garis oL dan
garis pK dengan klik segment.
l).
Maka garis singgungnya adalah oL dan pK
Tidak ada komentar:
Posting Komentar