Oleh : Halimah
Penggunaan Geometer’s
Sketchpad
Geometer’s Sketchpad adalah
software matematika dinamis yang dapat digunakan untuk mempelajari geometri,
aljabar, kalkulus dan lain-lainnya.
Software ini diciptakan oleh Nicholas Jackiw, yang
memungkinkan penggunanya membuat titik, garis, dan bentuk geometri lainnya
dengan mudah pada komputer. Setelah digambar, benda-benda geometri dapat
dipindah-pindah dan diubah-ubah dalam banyak variasi.
Berikut adalah tampilan dari
Geometer’s Sketchpad:
Berikut adalah beberapa cara
penggunaan Geometer’s Sketchpad:
Melukis Trapesium
1.
Aktifkan komputer/laptop. Pastikan software
Geometer’s Sketchpad
sudah terinstal.
2. Double klik icon software
Geometer’s Sketchpad.
Lalu akan muncul tampilan utama dari software
Geometer’s Sketchpad
3.
Buat garis dengan
segment, kemudian beri nama pada titik ujung garis tersebut titik A dan titik B
dengan klik show label.
4.
Klik garis tersebut,
lalu klik construct, klik Midpoint, untuk menentukan titik tengah pada garis
tersebut, kemudian beri nama C dengan
klik show label.
5.
Buat lingkaran dengan
klik gambar circle dengan pusat A dan berjari-jari sepanjang AC
6.
Kemudian buat kembali
lingkaran dengan pusat B yang berjari-jari sepanjang BC, dan lingkaran dengan
pusat C yang berjari-jari sepanjang CB dengan mengklik gambar circle.
7.
Klik lingkaran dengan
pusat A dan lingkaran dengan pusat C, lalu klik construct, klik intersections,
kemudian klik perpotongan kedua lingkaran tersebut yang berada diatas dan beri
label D dengan klik show label.
8.
Lalu klik lingkaran
dengan pusat C dan lingkaran dengan pusat B, lalu klik construct, klik
intersections, kemudian klik perpotongan kedua lingkaran tersebut yang berada
diatas dan beri label E dengan klik show label.
9.
Klik semua lingkaran
dengan titik potong yang berada dibawah, lalu sembunyikan ketiga lingkaran
tersebut dengan menekan ctrl+h pada keyboard.
10. Lalu
beri garis dengan menggunakan segment dari titik A ke B, B ke E, E ke D dan D ke
A kembali, dan sembunyikan titik C dengan menekan ctrl+h pada keyboard.
Melukis Belah Ketupat
1. Aktifkan komputer/laptop. Pastikan software
Geometer’s Sketchpad
sudah terinstal.
2. Double klik icon software
Geometer’s Sketchpad.
Lalu akan muncul tampilan utama dari software
Geometer’s Sketchpad
3. Buat
garis dengan segment, kemudian beri nama pada titik ujung garis tersebut titik
A dan titik B dengan klik show label.
4. Buat
lingkaran dengan klik gambar circle dengan pusat A dan berjari-jari sepanjang
AB.
5. Kemudian
buat kembali lingkaran dengan klik gambar circle dengan pusat B dan
berjari-jari sepanjang AB.
6. Klik
kedua lingkaran tersebut, lalu klik construct, klik intersections, kemudian
klik perpotongan kedua lingkaran tersebut yang berada diatas dan dibawah, lalu
beri label C dan D dengan klik show label.
7. Sembunyikan
kedua lingkaran tersebut dengan menghide kedua lingkaran tersebut yaitu tekan
ctrl+h pada keyboard.
8. Lalu
hubungkan titik-titik tersebut dengan segment, yaitu klik dari titik A ke titik
D, titik D ke titik B, titik B ke titik C, dan titik C ke titik A kembali.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar