Kamis, 12 Desember 2013

Cabri II Plus


Penggunaan Cabri II Plus

Oleh : Halimah

 
Cabri II Plus adalah suatu software yang sangat membantu dalam mempelajari konstruksi geometri. Dengan Cabri II Plus kita dapat membuat berbagai bangun-bangun geometri dimensi 2, beserta hubungan diantara bangun-bangun tersebut.

Pemanfaatan Cabri dalam pembelajaran Geometri antara lain pada hal :
1.      lukisan; yakni sebagai pengganti jangka dan penggaris
2.      Teorema; yakni untuk menunjukkan kebenaran teorema /dalil secara visual
3.  Tempat kedudukan: yakni tempat kedudukan titik yang bergerak  jika suatu garis atau titik tertentu digerakkan.
4.      Pembelajaran dengan metode penemuan.

Berikut adalah beberapa contoh penggunaan Cabri II Plus
1.      Garis singgung melalui satu titik pada lingkaran
a)      Membuat lingkaran dengan mengklik circle 
b)      Kemudian titik pusat lingkaran diberikan nama/label A dengan mengklik label, lalu klik titik pusat lingkaran tersebut.
c)      Buat garis lurus dari pusat lingkaran A dengan kik segment.

d)     Klik pada titik pusat A, tarik garis, lalu berikan label B pada titik ujung garis tersebut.
e)   Kemudian klik intersection point, klik pada titik potong garis dan lingkaran,kemudian berikan label P.
f)     Buat lingkaran kembali dari titik pusat P, kemudian buat titik potong kembali antara lingkaran yang berpusat P dengan garis AB, berikan label k dan l.
g)  Sembunyikan lingkaran kecil yang titik pusatnya P dengan klik hide/show, kemudian klik lingkarannya.
 
h)      Buat lingkaran kembali dari titik pusat k sepanjang jari-jari kl, kemudian buat lingkaran kembali dari titk l jari-jari sepanjang lk.
i)     Kemudian klik intersection point pada titik potong lingkaran k dan l¸ kemudian berikan label n dan m.
 
j)   Sembunyikan dua lingkaran dengan titik pusat k dan titik pusat l tersebut dengan klik hide/show, kemudian klik lingkarannya.

k)      Tarik garis dari titik potong kedua lingkaran yaitu dari titik m ke titik n dengan mengklik segment.

 l)      Maka garis singgungnya adalah garis mn


2.      Garis singgung melalui titik diluar lingkaran
a).    Membuat lingkaran dengan klik circle, kemudian berikan label O.
 
b).    Buat titik diluar lingkaran (bebas) dengan klik point berikan label T.
c).    Tarik garis dari titik pusat O ke titik T tersebut dengan mengklik segment.
d).   Buat titik tengah pada garis tersebut dengan klik midpoint, kemudian berikan label M.
e).    Buat lingkaran dengan titik pusat di M berjari-jari sepanjang MT.
f).   Buat titik potong dari kedua lingkaran tersebut dengan klik intersection point, kemudian berikan label a dan b.
g).    Lingkaran yang titik pusatnya M di sembunyikan dengan klik hide/show.
 
h).    Tarik garis dari titik a ke titik T dan titik b ke titik T dengan mengklik segment.
 
i).      Maka garis singgungnya adalah aT dan bT.


3.      Garis singgung persekutuan luar
a)    Buat dua lingkaran sembarang yang berjauhan, kemudian berikan label S dan U pada masing-masing titik pusatnya.
b)      Tarik garis dari titik S ke U dengan mengklik segment 
 
c)      Cari titik tengah garis SU dengan klik midpoint, lalu klik pada garis, berikan pada label C
d)     Buat lingkaran dengan pusat C dengan jari-jari sepanjang CU atau C

e)   Cari jari-jari dengan pusat S dan pusat U dengan klik distance or length, kemudian klik titik pusat dan klik lingkarannya 
f)   Hitung selisih dari jari-jari lingkaran yang berpusat S dan C dengan klik calculate kemudian kilk jari-jari S dikurangi Jari-jari U 
g)  Kemudian buat lingkaran kembali dari titik pusat S dengan besar jari-jarinya sama dengan jari-jari lingkaran S dan U. kemudian buat titik potong antara lingkaran bertitik pusat C dan S dengan mengklik intersection, kemudian berikan label MN.
 
h)   Lingkaran dengan pusat C di sembunyikan dengan klik hide/show, dan jari-jarinya disembunyikan dengan klik hide/show, kemudian tarik garis dari M ke v ke S ke w ke N dengan klik segment.
i)        Buat lingkaran dari titik v dengan jari-jari vU dan buat lingkaran dengan titik pusat w dengan jari-jari wU, kemudian klik titik potong dari lingkaran yang titik pusatnya  v dan U, titik pusatnya  w dan U, dengan klik intersection, kemudian berikan label O dan P.
j)     Lingkaran dengan titik pusat v dan w disembunyikan dengan klik hide/show. Kemudian tarik garis MO dan garis NP dengan mengklik segment, kemudian tarik garis OUP 
k)      Maka garis singgungnya adalah MO dan NP
  
4.      Garis singgung persekutuan dalam
    a).    Buat dua lingkaran sembarang yang berjauhan, kemudian berikan label H dan I pada titik pusat kedua lingkaran tersebut.
     

   
    b).    Tarik garis dari titik H ke I dengan mengklik segment.kemudian cari titik tengah garis HI dengan klik midpoint, lalu klik pada garis, berikan label J pada titik tersebut.

  
    c).    Buat lingkaran dengan pusat J dengan jari-jari sepanjang JH atau JI.


    d).   Cari jari-jari yang bertitik pusat H dan titik pusat I dengan klik distance or length, kemudian pada klik titik pusat dan klik pada lingkarannya.


   e).    Hitung jumlah jari-jari lingkaran yang titik pusatnya H dan I dengan klik calculate, kemudian klik jari-jari H ditambah jari-jari I


   f).     Kemudian buat lingkaran kembali dari titik pusat H dengan besar jari-jarinya sama dengan jumlah jari-jari lingkaran titik pusatnya H dan I, kemudian buat titik potong antara lingkaran yang berjari-jari H dengan lingkaran yang berjari-jari J, berikan label o dan p


   g).    Tarik garis dari oH dan Hp dengan mengklik segment, kemudian buat titik potong antara garis tersebut dengan lingkaran yang bertitik pusat H, berikan label q dan r.


  h).    Sembunyikan lingkaran yang titik pusatnya J dan lingkaran kecil yang titik pusatnya H, serta sembunyikan panjang jari-jarinya.


    i).      Buat lingkaran dengan pusat q yang berjari-jari sepanjang qI dan buat lingkaran dengan pusat r yang berjari-jari sepanjang rI.


   j).      Kemudian cari titik potong antara lingkaran yang berpusat di I dan q, dan titik potong antara lingkaran yang berpusat di I dan r, dengan klik intersection point, berikan label K dan L.
 

  k).    Sembunyikan lingkaran yang titik pusatnya q dan lingkaran yang titik pusatnya r, kemudian tarik garis oL dan garis pK dengan klik segment.


  l).      Maka garis singgungnya adalah oL dan pK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar