Rabu, 25 Desember 2013

Geometer’s Sketchpad



Oleh : Halimah

Penggunaan Geometer’s Sketchpad

Geometer’s Sketchpad adalah software matematika dinamis yang dapat digunakan untuk mempelajari geometri, aljabar, kalkulus dan lain-lainnya.
Software  ini diciptakan oleh Nicholas Jackiw, yang memungkinkan penggunanya membuat titik, garis, dan bentuk geometri lainnya dengan mudah pada komputer. Setelah digambar, benda-benda geometri dapat dipindah-pindah dan diubah-ubah dalam banyak variasi.

Berikut adalah tampilan dari Geometer’s Sketchpad:



Berikut adalah beberapa cara penggunaan Geometer’s Sketchpad:
Melukis Trapesium
1.        Aktifkan komputer/laptop. Pastikan software Geometer’s Sketchpad sudah terinstal.
2.    Double klik icon software Geometer’s Sketchpad. Lalu akan muncul tampilan utama dari software Geometer’s Sketchpad 

3.        Buat garis dengan segment, kemudian beri nama pada titik ujung garis tersebut titik A dan titik B dengan klik show label.

4.        Klik garis tersebut, lalu klik construct, klik Midpoint, untuk menentukan titik tengah pada garis tersebut, kemudian beri  nama C dengan klik show label.

5.        Buat lingkaran dengan klik gambar circle dengan pusat A dan berjari-jari sepanjang AC

6.        Kemudian buat kembali lingkaran dengan pusat B yang berjari-jari sepanjang BC, dan lingkaran dengan pusat C yang berjari-jari sepanjang CB dengan mengklik gambar circle.


7.        Klik lingkaran dengan pusat A dan lingkaran dengan pusat C, lalu klik construct, klik intersections, kemudian klik perpotongan kedua lingkaran tersebut yang berada diatas dan beri label D dengan klik show label.

8.        Lalu klik lingkaran dengan pusat C dan lingkaran dengan pusat B, lalu klik construct, klik intersections, kemudian klik perpotongan kedua lingkaran tersebut yang berada diatas dan beri label E dengan klik show label.




9.        Klik semua lingkaran dengan titik potong yang berada dibawah, lalu sembunyikan ketiga lingkaran tersebut dengan menekan ctrl+h pada keyboard.


10.    Lalu beri garis dengan menggunakan segment dari titik A ke B, B ke E, E ke D dan D ke A kembali, dan sembunyikan titik C dengan menekan ctrl+h pada keyboard.


Melukis Belah Ketupat
1.      Aktifkan komputer/laptop. Pastikan software Geometer’s Sketchpad sudah terinstal.
2.  Double klik icon software Geometer’s Sketchpad. Lalu akan muncul tampilan utama dari software Geometer’s Sketchpad

3.      Buat garis dengan segment, kemudian beri nama pada titik ujung garis tersebut titik A dan titik B dengan klik show label.

4.      Buat lingkaran dengan klik gambar circle dengan pusat A dan berjari-jari sepanjang AB.

5.      Kemudian buat kembali lingkaran dengan klik gambar circle dengan pusat B dan berjari-jari sepanjang AB.

6.      Klik kedua lingkaran tersebut, lalu klik construct, klik intersections, kemudian klik perpotongan kedua lingkaran tersebut yang berada diatas dan dibawah, lalu beri label C dan D dengan klik show label.






7.   Sembunyikan kedua lingkaran tersebut dengan menghide kedua lingkaran tersebut yaitu tekan ctrl+h pada keyboard.

8.      Lalu hubungkan titik-titik tersebut dengan segment, yaitu klik dari titik A ke titik D, titik D ke titik B, titik B ke titik C, dan titik C ke titik A kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar